Pengenalan Ilmu Kimia



Apa yang dipikirkan para siswa SMP ketika mendengar kata "KIMIA"? Ketika mengajar siswa kelas X dan bertanya kepada mereka apa itu kimia, maka mereka akan menjawab : " bom, ledakan, makanan berformalin, zat berbahaya" dan lain sebagainya yang mengindikasikan persepsi mereka tetang kata Kimia yang mereka anggap selalu hal negatif dan berbahaya. Lalu ketika ditanyakan pada mereka apa yang mereka makan saat sarapan tadi? Coba katakan pada mereka bahwa nasi goreng, roti, susu dan air yang mereka minum adalah bahan kimia, maka mereka akan 'kaget' dan tidak langsung percaya. Itu karena mereka belum mengenal apa sebenarnya kimia.

Gambaran ilmu kimia dapat dilihat dari bagan berikut :


Ilmu kimia adalah ilmu yang mempelajari struktur, komposisi, sifat , perubahan serta energi yang menyertai perubahan tersebut.

Di dalam tubuh kita terdapat berbagai macam organ dan bagian tubuh yang mempunyai struktur dan komposisi yang terdiri dari unsur hidrogen dan karbon atau yang disebut senyawa hidrokarbon. Di dalam tubuh kita terjadi perubahan-perubahan yang memerlukan dan menghasilkan energi. Seperti pada proses pencernaan. Makanan yang kita makan  mengalami reaksi kimia di dalam sistem pencernaan kita. Di tubuh kita terjadi pula reaksi kimia yang  melibatkan hormon-hormon yang mempengaruhi emosi yang muncul apakah senang, sedih, marah bahkan jatuh cinta

Di sekeliling kita terdapat materi-materi yang penyusunnya merupakan unsur-unsur kimia. baik itu makanan, logam bahkan plastik yang kita gunakan sehari-hari.  

Jadi bisa disimpulkan kita adalah kimia

Kata kimia berasal dari bahasa Arab Al -kimiya yang berarti perubahan. Nama ini berasal dari seorang ahli kimia Arab yang bernama Jabir ibn Hayyan yang kemudian dikenal sebagai bapak kimia. Inti dari kimia adalah perubahan. Perubahan struktur, sifat komposisi dari suatu materi. 


Sampai disini ketika kita ditawarkan minuman herbal yang tidak mengandung senyawa kimia, apakah hal tersebut benar? 

Ketika mengajar tentang kimia, saya akan selalu memberikan stimulasi gambar intan dan arang. Keduanya amat berbeda dari harga sampai fisiknya. Namun, keduanya mempunyai penyusun yang sama yaitu karbon. Lalu mengapa keduanya berbeda?

Salah satu unsur yang dikenal adalah Aurum . Yaitu emas. Mengapa emas tidak dapat berkarat dan bernilai ekonomis tinggi dibanding logam lain seperti tembaga, seng dan besi? 


Bom atom yang meluluhlantakkan 2 kota di Jepang pada perang dunia 2 menggunakan bom atom yang ternyata sangat dashyat ledakannya.. mengapa bom atom dapat menghasilkan energi yang sangat besar? 


Semua itu dipelajari dalam ilmu kimia. Kimia itu ibarat sulap.. bisa berubah warna, berubah suhu, berubah wujud bahkan menghasilkan aroma. 

Selamat belajar kimia ... 







Komentar

  1. Mohon maaf bagi pembaca jika tulisan terkesan amburadul.. maaf.. sebenarnya ini latihan membuat blog dan posting tulisan..mudah-mudahan ada yang memberi masukan . Terima kasih

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Pembakaran Sempurna dan Pembakaran Tidak Sempurna

PERTEMUAN 2 LAJU REAKSI

Penyetaraan Reaksi Redoks